CLICK HERE FOR FREE BLOG LAYOUTS, LINK BUTTONS AND MORE! »

Sabtu, 08 September 2012

Birunya Belitung






Biiiiiiiiru! Aku berseru. Hatiku gembira bagai genderang bertalu - talu. Sebentar lagi, aku akan memandangi Belitung deselimuti biru.... 

       Begitulah perasaanku saat menjajakkan kaki di Pantai Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk, Belitung, Provinsi Bangka Belitung. Dari tenpat itulah, aku naik perahu dan berlayar untuk melihat birunya Belitung. 
       Tujuan pertamaku adalah Pulau Lengkuas. Sebenarnya, ada pulau - pulau lain di sekeliling Tanjung Kelayang. Misalnya, Pulau Babi, Pulau Lutung, Pulau Jukung, dan lainnya. Namun, Pulau Lengkuas bisa dibilang paling terkenal. Kenapa terkenal? Awalnya, aku tidak tahu jawabannya. Tetapi akhirnya aku tahu. Saat aku menepi di pulau itu, sekali lagi aku berseru..... biru! 








       Pulau Lengkuas dikelilingi pantai dan langit biru. Warna birunya beragam. Ada biru muda, biru kehijauan, biru tua,dan mungkin, ada biru lain yang aku tak tahu namanya. Warna - warna biru itu membuatku ingin berlari dan..... byuuuur! Para wisatawan biasanya suka berenang dan menyelam di biru Pulau Lengkuas untuk melihat terumbu - terumbu karang.
       Dari mana aku memandang laut biru Pulau Lengkuas? Dari lantai teratas mercusuar Z.M. Willem III. Mercusuar ini didirikan tahun 1882. Tingginya 75 meter atau 18 lantai. Terbayang, kan, pegalnya kakiku demi melihat birunya Belitung! Meskipun sudah tua, mercusuar Pulau Lengkuas tetap berjasa. Setiap malam, empat orang bertugas menjaga bergiliran keselamatan pelayaran kapal - kapal. Mercusuar ini dan Pulau Lengkuas memang bagian terdepan dari Pulau Belitung











       Perjalananku selanjutnya dari Pulau Lengkuas adalah mengejar burung - burung. Maksudku bermain ke Pulau Burung dan Pulau Kelayang. Kelayang adalah nama jenis burung. Kenapa kedua pulai itu dinamai begitu? Soalnya, di sana terdapat bongkahan - bongkahan batu granit besar yang mirip paruh burung. 



      Bongkahan batu - batu granit ukuran besar menjadi ciri khas pantai - pantai Belitung. Batu - batu itu beraneka bentuk. Susunannya pun berupa - rupa. Ada yang tersusun seperti diatur manusia. Ada pula yang acak sembarang. 








Semua batu itu menambah indahnya pantai dan laut yang biru. Apalagi, ditambah dengan pasir putih yang bersih, laut biru yang cerah, dan awan - awan yang memamerkan keragaman bentuknya. 
Wuuahhh..... indahhhh sekali!!


Bagaimana? Indah bukan, ayoo kawan main - main ke Pulau Belitung dong! :D 

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Seruu kan :)

Posting Komentar