CLICK HERE FOR FREE BLOG LAYOUTS, LINK BUTTONS AND MORE! »

Rabu, 19 September 2012

Undur - Undur Suka Jalan Mundur




Aku termasuk serangga unik. Jalanku mundur, makanya aku disebut undur - undur. Selan itu, aku juga ounya sebutan lain, yaitu singa semut. Itu karena aku suka berburu semut. 
Nah, itulah perkenalan dari "Si Undur - Undur"




Suka Tempat Hangat
     Aku termasuk jenis serangga. Keluarga besarku disebut bangsa Myrmeleontidae. Kenap aku dibilang keluarga besar? Hmm... karena aku punya banyak saudara. Jenis undur - undur saja ada 2.000. Aku suka hidup di tanah halus berpasir, tempatnya hangat, kering, terlindung dan tidak terlalu  banyak cahaya. 





Suka Makan Semut
    Aku suka membuat lubang - lubang jebakan di tanah. Sssttt, jangan bilang - bilang, yaa! Itu gunanya untuk menangkap semut. Semut itu makanan kesukaanku. Makanya banyak yang menyebutku si Singa Semut atau Antlion.





Suka Bermetamorfosis
     Teman - teman tahu capung? Dia itu saudaraku. Lo, kok bisa? Begini ceritanya, sepanjang hidup aku mengalami metamorfosis sempurna. Mulai dari telur, menjadi larva. Larva berubah menjadi kepompong. Lalu, jadilah undur - undur dewasa. Undur - undur dewasa bisa terbang seperti capung. Jadi, aku dan teman - temanku yang tinggal di dalam lubang jebakan itu sebetulnya adalah larva undur - undur. 





Suka Menggali
     Sewaktu masih menjadi larva, badanku gendut. Kakiku ada 6. Aku juga mempunya sepasang taring di kepala. Saat menggali lubang jebakan, akju bergerak berputar - putar sambil mundur. Makanya bangsaku disebut undur - undur. Aku suka membuat lubang jebakan di tanah halus berpasir. Lubang - lubangku berbentuk corong. Setelah jadi, aku bersembunyi di dalam debu, teepat ditengah - tengah corong, untuk menunggu mangsa. Saat ada semut tergelincir ke dalam lubang, hap! Dalam sekejap, semut pun langsung aku tangkap.









       Kalau melihatku, carilah lubang jebakan berbentuk corong di tanah berpasir. Siapa tahu aku ada di dalamnya. 
Ehehehehehe :P 



~sumber majalah bobo
      

2 komentar:

Teddy Agus Triaddy mengatakan...

waktu om ted umur 7tahun di Jayapura suka sekali dengan mencari binatang undur2 dengan teman om yang bernama Sinyo-gak tahu dia sekarang dimnana? biasanya disamping tembok rumah dia..di Brangkal tempat tinggl tante masih banyak Undur-undur,kapan-kapan o akan mengajak Mirza untuk mencari undur-undur.

Unknown mengatakan...

Okee Om, Kapan - kapan ajak aku juga yaa :D

Posting Komentar