CLICK HERE FOR FREE BLOG LAYOUTS, LINK BUTTONS AND MORE! »

Jumat, 07 September 2012

Si Ekor Kemoceng yang Jago Loncat

ASSALAMUALAIKUM SOBAT BUKU 

Kali ini aku akan berbagi sedikit info tentang tupai. Tupai hewan yang imut itu loh! Okee... ini dia penjelasannya.


Ekornya berjumbal indah. gerak - geriknya amat lucu. sayang, hewan kecil ini agak sulit diamati. baru terlihat sebentar di pohon satu, beberapa detik kemudian sudah loncat di pohon lain. mereka begitu lincah dan gesit.

Bajing # Tupai 



       Ada yang menyebut hewan ini bajing. Namun, ada juga yang menyebutnya tupai. Apa mereka sama ? Sekilas, bentuk bajing dan tupai memang mirip. Dulu, para ahli hewan pun menganggap mereka masih satu kerabat. Namun, penelitian yang lebih teliti akhirnya menggolongkan tupai dalam keluarga tersendiri, yaitu Tupaidae. SEdangkan bajing termasuk keluarga Scuiridae untuk bajing tanah dan bajing pohon dan Pteromydae untuk bajing terbang.




Apa bedanya?
 Kalau kita amati dengan seksama, bajing dan tupai memang berbeda. Bajing banyak memakan buah - buahan. Sedangkan tupai lebih banyak makan serangga. Moncong tupai lebih panjang, sedangkan bajing tidak. Ragam tupai dan bajing di selutuh dunia ada ratusan jenis. Pulau Kalimantan deperkirakan memiliki keragaman jenis tupai terlengkap di dunia. Ini karena dari 20 jenis tupai yang ada, 12 diantaranya ada di Kalimantan. 






Musuh Petani
Yang jadi musuh petani, pastilah bajing. Pernah dengar, kan bajing yang merusak buah kelapa Pak Tani? Bajing ini melubangi buah kelapa untuk mengerat atau mengasah giginya agar tidak panjang. Yang bikin Pak Tani jengkel, buah kelapa tersebut tidak dimakan. Cuma digerogoti sedikit, lantas pindah melubangi buah yang lain. Makanya, petani kebun kelapa menganggap bajing sebagai hama dan harus diburu.

Sangat Lucu
Ssst, meskipun sering menjadi hama, bajing dan tupai itu binatang yang asik untuk diamati. Untuk mengamati gerak - geriknya bajng dan tupai, kamu bisa  menggunakan teropong. Gerak - geriknya lucu sekali. Mereka memanjat pohon dengan sangat cepat sekali. Mereka juga mahir berlari menitidahan - dahan pohon dengan kecepatan tinggi.    Hebatnya lagi, bajing dan tupai ini tak ernah jauh. Ini karena mereka memiliki kuku yang tajam dan sangat pakem untuk mencengkram. 




         Namun, yang paling seru adalah saat mereka kejar - kejaran untuk mencari pasangan. Mereka berlari sangat cepat dari dahan satu ke dahan lainnya. Wusss.... mereka meloncat ke pohon lain dan haaap.... luar biasa!

Terus Bergerak
Kenapa bajiing dan tupai terus bergerak dan berlari tiada henti? Mmm... ternyata itu dilakukan untuk memperoleh panas tubuh. Konon, tubuh mereka cepat sekali kehilangan panas atau cepat kedinginan. Bahkan, tupai yang tinggal di daerah dengan musim dingin, katanya bisa membeku bila tidak bergerak. Oleh sebab itu, tidur akan menjadi musuh besar bagi binatang ini. Untuk mempertahankan suhu tubuh waktu tidur, mereka pun bergelung dan melilitkan ekornya yang berbulu tebal ke tubuhnya.
Mm... hangatnya... 

1 komentar:

herdan listianto mengatakan...

woi visit dong di herdanlistianto@blogspot.com

Posting Komentar