CLICK HERE FOR FREE BLOG LAYOUTS, LINK BUTTONS AND MORE! »

Sabtu, 08 September 2012

JEMBATAN LAUT TERPANJANG DI DUNIA

~sumber majalah boboCina membangun stadion Sangkar Burung dan kolam renang Kubus Air di Beijing ckck ..... ckckc....! Ternyata, negara itu masih punya bangunan modern lain yang juga ckck.... ckck.... Jembatan laut terpanjang  di dunia!




    Ingat ya, jembatan di Cina ini bukan jembatan terpanang di dunia. Tetapi, jembatan terpanjang di dunia yang melintasi laut. Nama jembatannya adalah Jembatan Teluk Hangzhou. Sesuai dengan namanya, jembatan itu menyebrangi Teluk Hangzhou. Teluk Hangzhou merupakan bagian dari Laut Cina Timur. 
   Berapa panjang Jembatan Teluk Hangzhou? 36 kilometer. Tingginya, 62 meter. Terdiri dari dua arah. Setiap arah memiliki tiga jalur. Jembatan ini menghubungkan kota Shanghai dan Ningbo. Biasanya, perjalanan antara dua kota iyu 4 jam. Kini berkurang menjadi  2 jam setelah ada jembatan Teluk Hangzhou.




   Persiapan pembangunan jembatan ini sekitar 10 tahun. Lalu, pembangunannya 5 tahun, yaitu dari tahun 2003 hingga resmi dibuka tanggal 2 Mei 2008. Pembangunannya melibatkan sekitar 600 tenaga ahli. Biaya pembuatannya 11,8 milyar yuan. Jembatan ini dirancang untuk bertahan selama 100 tahun. 
    Jembatan Teluk Hangzhou berbentuk S. Bentuk ini bukan asal gaya, tetapi ada fungsinya. Bentuk S ini berfungsi untuk menghadapi gelombang laut.Yep, Teluk Hangzhou terkenal memiliki gelombang pasang terbesar di dunia, yaitu tingginya sekitar 9 meter. Gelombang ini dijuluki Silver Dragon.  Gelombang itu membuat pembangunan Jembatan Hangzhou penuh dengan tantangan!!

    Untuk memasuki jembatan ini, setiap kendaraan harus membayar 80 yuan. Lalu, kecepatan maksimal setiap kendaraan adalah 100 km/jam. Demi keamanan pengendara, jembatan ini dirancang dengan lampu berwarna - warni. Tujuannya, agar para pengendara tetap waspada dan tidak mengantuk. Di tengah jembatan, terdapat area peristirahatan. Di sana, para pengendara bisa istirahat dan makan. Kendaraannya pun bisa diperiksa kondisinya.

       Cina tidak hanya puas dengan bangunan kunonya yang ternama, seperti Tembok Besar Cina. Negara itu terus yang juga menjadi ternama.

Ayooo... kira - kira Indonesia kapan yaaa, punya jembatan sepanjang itu ? :)






0 komentar:

Posting Komentar