CLICK HERE FOR FREE BLOG LAYOUTS, LINK BUTTONS AND MORE! »

Jumat, 21 September 2012

Cahaya Biru Kunang - Kunang LautS




Hewan apa yang menjadi saingan kunang - kunang? Kayaknya...... kunang - kunang laut deh!

Bibit Udang
     Kunang - kunang laut itu sebutan untuk hewan - hewan ostracoda. Hewan ini termasuk keluarga udang - udangan atau crustacea. Bahkan, disebut juga bibit udang karena tubuhnya sangat kecil seperti bibit udang.




      Kunang - kunang laut berukuran sekitar 2,9 mm hingga 3,5mm. Betinanya lebih oanjang daripada jantannya. Tubuhnya memiliki cangkang. Di dalam cangkangnya, terdapat bagian tubuh yang lunak. 
     Sebagian dari tubuh lunaknya menjadi kantong telur. Di dalamnya bisa menyimpan 30 - 60 telur. Telur - telur menjadi dewasa dalam 4-5 bulan. Kalau sudah dewasa, kunang - kunang laut dapat hidup sampai setahun atau lebih.

Cahaya Biru
      Cahaya kunang - kunang laut sangat terkenal. Jenis ini dapat mengeluarkan cahaya adalah Vargula hilgendorfii dan Cypiridina hilgendorfii. Cahayanya berwarna biru. Dipancarkan pada malam hari karena kunang - kunang laut itu hewan nocturnal.
      Para ahli memperkirakan cahaya itu dipancarkan kunang - kunang laut jantan untuk menarik perhatian kunang - kunang laut betina. Si jantan melakukan gerakan berputar seperti spiral. Saat itulah cahaya birunya bersinar. Tampak seperti gumpalan asap biru yang bergelombang bercahaya dan menari. Keren! 
      Para ahli juga memperkirakan cahaya biru itu keluar jika kunang - kunang laut terganggu atau terancam predator. Selain itu, jika ada perubahan kondisi di laut, cahaya itu pun keluar. Misalny asuhu atau kadar garam yang berubah. Namun, sampai saat ini, para ahli belum tahu pasti kenapa kunang - kunang laut mengeluarkan cahaya berwarna biru. 

Made in Japan
      Dalam bahasa Jepang, kunang - kunang laut disebut umi hotaru. Umi itu laut, hotaru itu kunang - kunang. Hewan ini memang banyak hidup di pantai - pantai di Jepang. Seorang ilmuwan dari Jepang meneliti cahaya kunang - kunang laut. Namanya, Pak Osamu Shimomura. Dari penelitian Pak Shimomura, cahaya biru kunang - kunang laut berasal dari protein yang disebut Cypridina luciferin. 



~sumber majalah bobo

0 komentar:

Posting Komentar